h1

TUGAS PEREKONOMIAN INDONESIA KE-3

Mei 4, 2011

soal :

1. jelaskan dengan singkat apa itu pertumbuhan ekonomi dan kemiskinan

2. Sebut dan jelaskan faktor-faktor penyebab kemiskinan! (5)

3. sebut dan jelaskan program pemerintah saat ini untuk menanggulangi kemiskinan di Indonesia (5)?

Jawab :

1)      Pertumbuhan Ekonomi : Tingkat dimana produk bruto suatu Negara mengalami kenaikan dan pendapatan suatu Negara itu juga mengalami kenaikan, oleh karena itu pertumbuhan suatu Negara terjadi karena adanya perkembangan atau peningkatan di sector produk.

Kemiskinan                : keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan , pakaian , tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Disebabkan ketidak meratanya tingkat pekerjaan yang ada dan sumberdaya yang akan di pergunakan.

2)      a) penyebab individual atau patologis, yang melihat kemiskinan sebagai akibat dari prilaku, atau pilihan dari orang yang tak mampu.

b) penyebab keluarga, yang menghubungkan dengan tingkat kemampuan dan pendidikan dari keluarga.

c). Penyebab sub-budaya, yang menghubungkan dengan kehidupan sehari-hari yaitu dengan lingkungan sekitar.

d) Penyebab agensi, yang menghubungkan kemiskinan akibat dari aksi orang lai atau faktor tertentu yaitu perang, pemerintah, dan perekonomian Negara.

e) Penyebab sturktural, yang member alasan kemiskinan disebabkan akibat sturktur social.

3)      a) Menjaga stabilitas harga bahan kebutuhan pokok. Fokus program ini bertujuan menjamin daya beli masyarakat miskin/keluarga miskin untuk memenuhi kebutuhan pokok terutama beras dan kebutuhan pokok utama selain beras.

b) Mendorong pertumbuhan yang berpihak pada rakyat miskin. Fokus program ini bertujuan mendorong terciptanya dan terfasilitasinya kesempatan berusaha yang lebih luas dan berkualitas bagi masyarakat/keluarga miskin.

c) Menyempurnakan dan memperluas cakupan program pembangunan berbasis masyarakat. Program ini bertujuan untuk meningkatkan sinergi dan optimalisasi pemberdayaan masyarakat di kawasan perdesaan dan perkotaan serta memperkuat penyediaan dukungan pengembangan kesempatan berusaha bagi penduduk miskin.

d) Meningkatkan akses masyarakat miskin kepada pelayanan dasar. Fokus program ini bertujuan untuk meningkatkan akses penduduk miskin memenuhi kebutuhan pendidikan, kesehatan, dan prasarana dasar.

e) Membangun dan menyempurnakan sistem perlindungan sosial bagi masyarakat miskin. Fokus ini bertujuan melindungi penduduk miskin dari kemungkinan ketidakmampuan menghadapi guncangan sosial dan ekonomi.

Tinggalkan komentar